e-Samsat Bank Lampung Diresmikan, Permudah Pembayaran Pajak

319

BANDARLAMPUNG — Dalam rangka meningkatkan pelayanan pembayaran pajak daerah dan registrasi kendaraan bermotor, Polda Lampung bersama dengan Pemprov Lampung, Jasa Raharja, dan Bank Lampung meresmikan sistem samsat digital (E-Samsat), yang berlangsung di Halaman Kantor Pusat Bank Lampung, Jumat (25/10).

Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni, Dalam Acara tersebut menjelaskan, E-Samsat adalah sebuah terobosan yang sangat memudahkan Anda yang memiliki segudang kesibukan.

Maklum saja, sebelum ada aplikasi E-Samsat, untuk urusan memperpanjang STNK, kita bisa menghabiskan banyak waktu untuk antre berjam-jam di kantor Samsat.

E-Samsat merupakan salah satu produk inovasi dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan cara pembayaran menggunakan Kartu ATM Bank Lampung di seluruh jaringan Mesin ATM Bank Lampung.

Menggunakan E-Samsat memberikan banyak keuntungan serta kemudahan, pembayaran yang dilakukan langsung oleh Wajib Pajak via ATM Bank Lampung.

Dengan sistem ini diharapkan dapat menghindarkan percaloan, menghilangkan pungli penerimaan pajak, ketepatan perhitungan pajak yang akan dibayarkan, serta tentunya memberikan kenyamanan bagi para Wajib Pajak.

Latar belakang dibuatnya e-Samsat ini adalah pada Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kendaraan Bermotor.

Dalam peraturan tersebut juga disebutkan manfaat dari teknologi e-Samsat. Berikut ini daftar keuntungan tersebut :

1. Mudah. Prosedur pelayanan dilaksanakan dan diakses melalui ATM ;
2. Cepat. Adanya kepastian waktu dalam penyelesaian pelayanan ;
3. Berkualitas dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik ;
4. Aman. Proses dan produk pelayanan memberikan perlindungan rasa aman dan kepastian hukum.
5. Efisien. Wajib Pajak tidak perlu antre dan hadir di kantor Samsat.

“Adanya aplikasi dan website e-Samsat diharapkan bisa memudahkan masyarakat yang ingin mencari tahu data serta nilai pajak tahunan yang harus wajib pajak bayarkan. Jika dulu pemilik kendaraan harus datang ke kantor Samsat untuk mengurus perpanjangan STNK, kini prosedur tersebut sudah bisa dilakukan secara online melalui e-Samsat”, ujarnya.

Eria menambahkan, selain itu, program ini merupakan upaya kita dalam mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat Lampung.

Berikut adalah ketentuan dan cara bayar pajak kendaraan ini:

• Pemilik kendaraan adalah nasabah Bank Lampung yang memiliki kartu ATM Bank Lampung.
• Data pemilik kendaraan sesuai dengan data yang ada di server Samsat Lampung.
• Kendaraan adalah milik pribadi Wajib Pajak
• Tidak dalam status diblokir.
• Untuk pembayaran pajak tahunan.
• Tidak terdapat tunggakan pajak.
• Jatuh Tempo pembayaran pajak s/d 1 bulan.

• Pembayaran pajak dapat dilakukan disemua jaringan Mesin ATM Bank Lampung 24jam setiap hari.
• Resi bukti pembayaran pajak via ATM dapat langsung ditukar dengan Notice Pajak di Kantor Samsat terdekat (maks. 14 hari sejak tanggal pembayaran). (*)

Komentar