Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Gelar Muswil Pertama

124

BANDARLAMPUNG — Bertepatan dengan momentum pergantian kepengurusan, Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak-Anti Sosial Asuhan Anak (FLKSA-PSAA) Provinsi Lampung untuk Pertama kalinya menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) di Hotel Sahabat Utama, Liwa, Lampung Barat, Jumat (26/4/2019).

Muswil Pertama ini berlangsung 26-27 April 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 120 orang, dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Ratna Fitriani dihadiri oleh Asisten 1 Setdakab Lampung Barat, Kepala Dinas Sosial Kab/Kota se Prov. Lampung, Pengurus Forum Nasional LKSA/PSAA, Ketua/Pengurus LKSA/PSAA se Prov. Lampung.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni mengatakan, Muswil ini mempunyai arti yang penting, mengingat kehadiran LKSA-PSAA sebagai mitra kerja pemerintah memiliki nilai yang strategis khususnya dalam Pengasuhan, Pendidikan, Penyantunan bagi anak2 terlantar/kurang beruntung agar tetap dapat menjadi anak yang tumbuh, kembang dgn baik dan terpenuhi hak2nya. Sehingga menjadi anak yg mandiri kelak di kemudian hari.

Sesuai dengan UU no 23 tahun 2014, telah diatur tugas dan tanggung jawab Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kab/Kota.

Masing-masing telah berkomitmen untuk dapat melaksanannya seoptimal mungkin, mengingat bahwa Perlindungan Anak juga menjadi Program Prioritas Nasional.

Kehadiran Forum LKSA/PSAA diharapkan dapat menjadi fasilitator antara LKSA/PSAA dengan pihak2 terkait baik pemerintah maupun swasta, masyarakat pada umumnya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial anak.

Dalam kesempatan itu juga, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Ratna Fitriani menjelaskan, Muswil ini bertujuan untuk menginformasikan tentang Program Rehabilatasi Sosial Anak juga sekaligus pemilihan Ketua Umum dan Pengurus Forum LKSA/PSAA Provinsi Lampung Periode tahun 2019 – 2024.

Disamping Muswil, akan dilaksanakan juga Rakor Pendataan Anak yang disinergikan dgn Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Generasion (SIKS-NG) untuk dapat masuk ke dalam Basis Data Terpadu (BDT).

“Kegiatan Rakor akan langsung dipandu oleh petugas dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos RI. Melalui Rakor tsb diharapkan semua data anak yang menjadi binaan LKSA-PSAA akan masuk ke dalam BDT, sehingga dapat terakses dengan semua program yang dibutuhkan” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Muswil Pertama LKSA-PSAA, Dra.Hj. Kartinah mengatakan, Muswil Pertama ini dapat terselenggara berkat dukungan dari segenap panitia dan juga para Ketua LKSA-PSAA sebagai Lampung. Disamping itu tentu saja dukungan moril dari Kadinsos Lampung dan Kabupaten Lampung Barat. (*)

Komentar