IIDI Ajarkan Murid TK IT Rabbani Cara Sikat Gigi dan Cuci Tangan Yang Benar

579

BANDARLAMPUNG — Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) mengadakan kegiatan penyuluhan menyikat gigi dengan baik dan benar di TK IT Rabbani, jalan Hayam Wuruk, Bandarlampung, Senin (26/2).

Kegiatan kunjungan ke sekolah-sekolah merupakan agenda rutin bulanan IIDI Bandarlampung, yang diketuai Dr. Mulyanhti Hernowo.

“Kunjungan ke sekolah yang rutin dilakukan oleh IIDI tujuannya untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan kepada anak sejak usia dini” ujar Ketua Bidang Sosial IIDI Bandarlampung, Nyimas G Putri.

Nyimas menambahkan, rangkaian kegiatan yang dilakukan IIDI di sekolah ialah memberikan penyuluhan kepada para murid tentang cara hidup sehat, seperti mengajarkan bagaimana cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar.

Seperti yang dikunjungi hari ini, TK Rabbani, masih ada murid yang usianya baru tiga tahun, empat tahun, masih banyak yang belum paham. Terkadang orang tua dirumah tidak menyuruh sikat gigi, habis makan, minum susu kemudian tidur. Di kunjungan ini IIDI mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan.

Mereka (siswa) masih banyak yang belum tau cara sikat gigi dengan benar, dan adanya penyuluhan ini kemudian anak-anak jadi tahu caranya.

Ada 10 pemahaman cara cuci tangan yang sehat, diharapkan mereka jadi tahu bagaimana cara sikat gigi yang benar itu mulai dari melingkar, memutar keatas kebawah, jangan sikat kekanan kekiri, cara itu salah.

sikat gigi yang benar itu tiga kali sehari, caranya dari bawah-bawah, atas-atas, sampai kebelakang. Kalau rahang itu disikatnya melingkar, bukan dengan digesek, supaya gusinya tidak rusak.

Sikat gigi yang benar harus sudah diajarkan sejak anak sudah bisa berjalan, mulai belajar bicara, yang jelas sudah tumbuh gigi susu. Dengan rajin sikat gigi sejak kecil, kelak saat tumbuh dewasa, gigi mereka tidak bolong, dan tidak sakit gigi.

Untuk peralatan penyuluhan, IIDI sudah menyiapkan, jadi setelah digunakan disekolah, sikat dan pasta giginya boleh dibawa pulang.

Selain memberikan penyuluhan tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar. IIDI juga membawa makanan dan minuman bergizi,seperti buah-buahan dan susu sapi murni, yang diberikan secara gratis.

” Kalo Kami berkunjung ke sekolah, ank-anak sangat senang, karena kami bawakan makanan dan minuman sehat gratis untuk mereka” tambahnya.

Wanita yang menjabat sebagai Bendahara DPP PAN ini juga menjelaskan, untuk susu sapi murni, kebetulan IIDI ada yang bersedia mensponsori, yaitu dari pusat pengembangan susu sapi murni yang ada di Kota Metro.

Diharapkan setelah mendapat penyuluhan, anak-anak bisa menerapkan apa yang telah di ajarkan oleh ibu-ibu dari IIDI, dan pulang kerumah dengan senyum bahagia.

“Mah tadi saya disekolah diajarkan cara sikat gigi yang bener itu seperti ini lu mah, cuci tangan yang bener begini lu mah” ujar Nyimas menirukan gaya anak-anak berbicara kepada orang tuanya. (ss).

Komentar