ITERA Teken MoU dengan Ehime University Jepang

269


LAMPUNGSELATAN — Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kembali melakukan perjanjian kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri yaitu Ehime University, Jepang.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan antara Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D dengan perwakilan Ehime University Prof. Takuya Sugahara di sela kegiatan Studium General Program Studi Teknologi Pangan ITERA, di Aula C ITERA, Jumat (25/10/2019).

Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D, menyampaikan kerja sama tersebut merupakan langkah untuk terus mendorong percepatan pengembangan kampus ITERA, khususnya dalam bidang peningkatan kualitas sumber daya dosen. 

Melalui kerja sama tersebut, dosen-dosen ITERA akan dikirim untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi luar negeri yang telah bekerjasama, salah satunya Ehime University.

“Melalui kerja sama ini, kami akan melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen, mengirim dosen untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi luar, sesuai dengan bidangnya, hingga melakukan riset bersama,” ujar Rektor.

Khusus kerja sama dengan Ehime University, menurut Rektor ITERA akan menekankan di bidang teknologi pertanian.

Hal ini juga guna mendorong hilirisasi pertanian di Sumatera, sehingga hasil pertanian Sumatera dapat diolah menggunakan teknologi untuk mendapatkan nilai tambah.

Pada kesempatan yang sama, Head Of International Affair Office ITERA, Acep Purqon, ph.D mengatakan, ITERA mempunyai kepentingan untuk percepatan pengembangan SDM.

“ITERA mempunyai dosen-dosen muda yang berkewajiban S3, kita punya partner banyak untuk bisa menerima doswn-doswn kita ke S3, dengan adanya MoU ini bisa memudahkan dosen-dosen untuk lanjut study ke-S3. Kerjasama lebih lanjut publikasi bersama antara dosen ITERA dengan Ehime untuk kedepannya, ada juga training-training yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama juga, Dosen Teknologi Pangan ITERA, Sellen mengaku jika MoU ini sangat membantunya untuk melanjutkan ke S3.

“Saya senang sekali atas adanya kerja sama ini, karena dapat memfasilitasi kami dosen muda untuk bisa melanjutkan studi S3 Kerjasama ini Sejalan dengan visi misi ITERA, bagaimana mengembangkan SDM yg ada di Sumatera”tambahnya.

Sellen menambahkan, untuk di Lampung sendiri memiliki potensi dibagian rempah-rempah, khususnya lada, untuk kedepannya ITERA dan Ehime bisa bekerjasama melakukan penelitian mengenai rempah-rempah yang berpotensi di Sumatera.

“Jadi kita bisa join research penelitian dan publikasi, kami bisa mengadakan kerjasama lain dengan profesor-profesor di Universitas Ehime”tutupnya.(ih)

Komentar