Bupati Adipati Resmikan Pasar dan Kampung Literasi di Umpu Kencana

620


WAYKANAN — Pencanangan Kampung Literasi dan Peresmian Pembukaan Pasar Kampung Umpu Kencana Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan, diresmikan langsung oleh bupati Way Kanan, raden Adipati Surya, Jumat 25 Oktober 2019.

Raden adipati surya dalam sambutanya menjelaskan, gagasan tentang desa Literasi adalah satu ikhtiar kecil di level daerah dan terjangkau agar mudah dioperasionalkan dalam bentuk kegiatan kegiatan praktis.

Tujuannya, agar capaian dan target bisa terukur, mudah dievaluasi dan dilakukan perbaikan.

“Hanya dengan kecakapan keilmuan, kesiapan mental dan integritas dalam kepribadianlah Indonesia akan diperhitungkan kedepan,” kata Adipati, Jumat (25/10).

Ditambahkan bupati dalam wawancaranya, pasar kampung ini, Ide yang brilian dan cerdas karena, pasar tempat perkembangan ekonomi baru.

Dampak ekonomi lebih bnyak buat masyarakat, harapan saya kampung literasi bisa baik, dan pasar bisa berkembang.

Sementara kepala bidang pasar Hapisin. SH, mengatakan, di harapkan Pasar Umpu Kencana untuk meningkatkan pendapatan masyarakat kampung, dan apabila pasar ingin menjadi pasar yang modern, maka pasar kampung segera harus di jadikan pasar pemda, buat kesejahteraan ekonomi masyarakat Way kanan.

Di lain pihak, Kepala Dinas Perpustakaan Juanda, dalam wawancaranya mengatakan, literasi itu membaca, menghitung, menulis, dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat, maka perlunya pencanangan kampung literasi.

“Kriteria kampung literasi adalah yang sudah lengkap fasilitas pendidikan nya, dana ada penggerak literasi di kampung, contohnya seperti mas Eko Prasetyo, tokoh literasi Way Kanan”tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, tokoh penggiat literasi Way Kanan, yang juga warga Kampung Umpu K,encana Eko Prasetyo menjelaskan, tentang apa saja yang sudah di lakukannya untuk literasi Way Kanan, ia menceritakan sejak tahun 2010 mulai merintis membuat Perpustakaan untuk dibaca oleh anak-anak sekitar.

Semakin lama permintaan terhadap buku bacaan oleh anak-anak semakin meningkat, dan berupaya membuat Perpustakaan yang lebih baik lagi.

“Tak hanya di desa saya saja, saya juga berkeliling ke desa-desa, kecamatan-kecamatan dan daerah lainnya membawa buku agar dibaca oleh anak-anak Way Kanan”jelasnya

Sementara itu, Agus, warga setempat
mengaku sangat gembira dengan dicanangkannya Kampung Umpu Kencana sebagai Kampung Literasi, dan persemian pasar baru.

“kami sangat gembira dan mengapresiasi dengan dicanangkan nya kampung kami sebagai kampung literasi, dan dengan diresmikan pasar kami, oleh pak bupati, semoga bermanfaat dan barokah” Ujarnya.(*)

Komentar