Jadi Tuan Rumah Kegiatan Penguatan Kapasitas Program PSDBS, Kadinsos Promosikan Wisata Lampung

400
Mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni, tengah memberikan sambutan di acara pembukaan kegiatan Penguatan Kapasitas Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) Tingkat Provinsi, Kabupaten & Kota se-Sumatera, yang berlangsung di Ballroom Novotel, Bandarlampung, Selasa (27/8/2019).

BANDARLAMPUNG — Mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI, yang telah mempercayai daerahnya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Penguatan Kapasitas Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) Tingkat Provinsi, Kabupaten & Kota se-Sumatera.

“Selamat datang di Lampung, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan tempat pertemuan kegiatan penguatan Kapasitas Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Tingkat Provinsi, Kabupaten & Kota dilaksanakan di Provinsi Lampung Semoga pelayanan yang diberikan dapat memberikan kenyamanan kepada para Peserta dan penyelenggara dari Kementerian Sosial Rl” ungkapnya saat memberikan sambutan di acara pembukaan kegiatan Penguatan Kapasitas Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) Tingkat Provinsi, Kabupaten & Kota se-Sumatera, yang berlangsung di Ballroom Novotel Bandarlampung, Selasa (27/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Kadis Kominfo Lampung itu juga turut mempromosikan destinasi wisata yang ada di Bumi Ruwa Jurai, kepada para tamu yang hadir, khususnya yang dari luar provinsi.

“Sayang ya, tidak dari kemarin datangnya, baru saja disini ada penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival, ada pawai budaya Lampung. Untuk Pariwisata disini banyak dan bagus-bagus. Ada lumba-lumba di Kiluan, yang suka surfing disini ada pantai Tanjung Setia, kulinernya juga lengkap, ada durian, gajah juga ada. lebih hebatnya lagi ada Badak, yang menurut catatan selama124 tahun untuk konservasi hanya Lampung yang berhasil bisa melahirkan anak badak. Sayang sekali kalo tidak mampir” ujarnya seraya tersenyum mengajak tamu untuk berkunjung ke lokasi wisata Lampung.

Usai bercerita soal Lampung, Kadinsos Lampung yang dinilai responsif oleh Kemensos tersebut meneruskan pembicaraannya ke materi kegiatan.

Ia menjelaskan, pelaksanaan program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial didasari pada 2 (dua) Undang-undang yaitu:

a. Undang-undang Nomor: 22 Tahun 1954 tentang
Undian.

b. Undang-undang Nomor: 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang.

Tujuan UU Nomor: 22 Tahun 1954 tentang Undian; memberikan pelayanan yang baik kepada penyelenggara Undian dan meminimalisir modus penipuan melalui Undian.

Tujuan UU Nomor: 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang untuk meningkatkan usaha-usaha Kesejahteraan sosial izin dan untuk mencegah penyalahgunaan Pengumpulan uang atau barang.

Diharapkan pada pertemuan ini dapat meningkatkan kapasitas bagi Pemerintah Daerah diwilayahnya dalarr memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dengan Pertemuan ini diharapkan juga dapat tercapai wilayah Birokrasi bersih dan melayani untuk mewujudkan Indonesia Jaya.

Perlu diketahui, Perlu diketahui, Peserta Kegiatan diikuti oleh peserta daerah yang membidangi Undian dan/atau Sumbangan Masyarakat, sebanyak 200 (dua ratus) orang peserta, dengan perincian, Peserta dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Wilayah Provinsi Lampung, sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang. Peserta dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Wilayah Provinsi Jambi, sebanyak 24 (dua puluh empat) orang.

Turut hadir dalam acara tersebut Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI, Pepen Nazaruddin, yang sekaligus membuka acara tersebut, dihadiri juga oleh Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS)Kemensos RI, Hotman.

Sebagai Narasumber Kemensos RI mengundang 6 (enam) orang terdiri dari: 1. Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial.
2. Inspektur Jenderal Kementerian Sosial.
3. Direktur PSDBS.
4. Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI;
5. Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung.
6. Direktorat Evaluasi, Akuntansi dan Setelemen pada Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI.

Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini, yaitu: Optimalisasi Kualitas Pelayanan Petugas Pelaksana Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial untuk Masyarakat Menuju Wilayah Birokrasi, Bersih dan Melayani “. tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Wilayah Provinsi Lampung, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Riau dan Jambi, minus Aceh, dialokasikan pada DIPA Dit. PSDBS Tahun Anggaran 2019, berlangsung selama 4 hari mulai 27-30 Agustus 2019. (ih).

Komentar