Kadis Sosial Lampung Sumarju Saeni, Buka Bimtek WKSBM

111

BANDARLAMPUNG — Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni, membuka acara Bimtek WKSBM di Hotel Grand Praba, Bandarlampung, Rabu, 23 Oktober 2019.

Dalam sambutannya ia mengatakan,
Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) merupakan wahana yang memiliki posisi sangat strategis dan berpotensi besar dalam penanganan masalah sosial maupun pengembangan sumber daya lokal.

WKSBM adalah sistem kerjasama antar keperangkatan pelayanan sosial (kps) di akar rumput yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya.

“Tujuan WKSB ini dibentuk untuk menumbuh kembangkan aspirasi dan prakarsa masyarakat lokal melalui komunitas lokal atau lembaga beserta jaringan pendukungnya dalam pembangunan kesejahteraan sosial,” jelasnya.

Tujuan dibentuknya WKSB juga untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab masyarakat lokal dalam pembangunan kesejahteraan sosial.

“Selain itu untuk memperkuat dan mengembangkan sistem jaringan kerja kemitraan dalam penanganan masalah sosial di lingkungannya,” tambah Kadisos Lampung.

Dijelaskan Kadisos Lampung, salah satu manfaat keberdaan WKSBM ini, bagi anggotanya adalah membawa dampak positif warga masyarakat lokal dalam upaya membantu mengatasi berbagai persoalan maupun kebutuhan hidup mereka.

“Yakni berupa penanganan dan pengentasan masalah sosial sebagai akibat dari dampak meningkatnya kemiskinan serta pemberdayaan warga masyarakat dalam usaha ekonomis produktif dengan usaha bersama kegiatan kelompok ataupun bentuk kegiatan kube,” katanya.

Sumarju berpesan untuk para peserta Bimtek Wahana Kesos Berbasis Masyarakat ini dapat memanfaatkan fasilitas dan waktu yang sudah disediakan oleh Dinas Sosial Provinsi Lampung. “Sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai,” tutup Sumarju.(*)

Komentar