Karomani: Hapal Alquran 30 Juzz, Punya Prestasi Tingkat Nasional Silahkan Diberi Ruang Untuk Diterima di YP Unila

# Dilihat: 95 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Ketua Dewan Pembina Yayasan Pembina (YP) Unila yang juga Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., meminta Kepala SMA YP Unila membuka jalur prestasi pada penerimaan siswa baru.

“Ada semacam jalur prestasi dalam penerimaan siswa-siswi YP Unila seperti di Unila. Beri ruang bagi anak-anak berprestasi, seperti hapal Alquran 30 juz, punya prestasi tingkat nasional, silakan diberi ruang untuk diterima di YP Unila,” ujar Prof. Karomani saat memberi arahan kepada kepala sekolah dan guru di sela-sela kunjungan ke YP Unila, Kamis, 14 Oktober 2021.

Kunjungan dalam rangka menghadiri penandatanganan MoU serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara YP Unila dan PT. Bank KB Bukopin Tbk. Cabang Lampung oleh Ketua Yayasan YP Unila Eko Raharjo, S.H., M.H., dan Branch Manager Bank Bukopin Riza Novian.

Pada pertemuan itu Rektor mengungkapkan, siswa-siswa berprestasi hasil penjaringan penerimaan siswa baru akan mempromosikan SMA YP Unila melalui prestasi-prestasi yang mereka raih.

“Anak-anak itu biasanya ada dua, ada yang berprestasi di bidang keahliannya dan ada yang akademiknya. Kita maunya dua-duanya jalan. Prestasi bagus, akademik bagus,” tutur Prof. Karomani.

Saat ini, lanjutnya, sesuai kebijkan Mendikbudristek Nadiem Makarim, mahasiswa-mahasiswa berprestasi diakui melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Di mana prestasi dan karya mahasiswa dapat dikonversi ke nilai mata kuliah maksimal untuk tiga semester.

“Ini juga di YP Unila harus kita pikirkan sama-sama bagaimana agar siswa-siswi berprestasi mendapatkan ruang di YP Unila,” ujarnya.

Orang nomor satu di Unila ini menambahkan, kegiatan hari ini merupakan bukti konkret bahwa YP Unila adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Universitas Lampung. Ia berharap, infrastruktur YP Unila bisa lebih baik dan lebih luas yakni dengan melakukan modernisasi ruangan-ruangan kelas.

Terkait kerja sama yang dilakukan dengan Bank Bukopin, ia juga berharap dapat terus berlanjut dan jika memungkinkan, pihak Bank Bukopin dapat mendukung kemajuan YP Unila melalui program CSR.

Transformasi YP Unila Saat Ini

Sekretaris YP Unila Dr. Maulana Mukhlis, S.Sos., M.IP., menjelaskan, YP Unila saat ini, khususnya SMA YP Unila, telah melakukan serangkaian transformasi.

Sejak YP Unila secara penuh menjadi binaan Unila pada Januari 2021, Unila bertanggung jawab untuk meningkatkan apa yang sudah dicapai. Peningkatan tersebut dapat dilihat dalam tiga aspek, yakni akademik, tata kelola, dan pengembangan infrastruktur.

Peningkatan dari aspek akademik meliputi kenaikan lebih dari 100% jumlah siswa SMA YP Unila yang berhasil diterima masuk Unila jalur SNMPTN, SBMPTN, termasuk juga Jalur Prestasi. SMA YP Unila kini membuka kelas unggulan dengan tenaga pengajar, metode belajar khusus, serta fasilitas Smart Class.

Ia mengungkapkan, hal ini belum pernah dilakukan SMA YP Unila sebelumnya. “Tahun ini baru dibuka dua kelas unggulan. Sebagai prototipe untuk nanti dikembangkan,” ungkap pria yang menjabat Sekretaris YP Unila tersebut.

Dari aspek tata kelola, lanjutnya, transformasi dilakukan pada jabatan kepala sekolah YP Unila yang kini dijabat oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini menjadikan SMA YP Unila sebagai satu-satunya kepala sekolah SMA swasta yang dipimpin abdi negara dan mendapat persetujuan langsung dari gubernur.

Selanjutnya, perubahan juga terjadi pada sistem perekrutan guru yang dilakukan dengan mekanisme dan peraturan ketat. Asesmen juga dilakukan sebagai bahan evaluasi kinerja para guru, sehingga guru terpilih dan mengajar di SMA YP Unila dapat dipastikan benar-benar berkualitas.

Tak hanya itu, transformasi juga terjadi pada proses penyelenggaraan tata kelola SMA YP Unila yang kini telah mengikuti SOP di Unila. Hal itu sebagai wujud akuntabilitas tata kelola di SMA YP Unila.

Berbicara mengenai transformasi, lanjut Dr. Maulana, tentu tidak terlepas dari pengembangan infrastruktur atau sarana dan prasarana yang ada di SMA YP Unila.

SMA YP Unila memiliki 35 kelas yang sarana prasarana pembelajarannya belum memadai. Maka dari itu, Rektor Unila akan melakukan modernisasi ruang kelas. Rencananya, akan ada 20 kelas yang dimodernisasi hingga akhir tahun ini.

“Siswa harus bahagia belajar di kelas yang ruangannya sejuk, nyaman, AC dingin, tempat duduk nyaman dengan kursi yang bagus, masing-masing siswa disediakan loker. Ini contoh moderanisiasi kelas,” kata Wakil Direktur Bidang Umum Pascasarjana Unila ini.

Untuk mendukung pengembangan infrastruktur dilakukan pula pembelian tanah seluas 230 meter. Di tanah ini akan dibangun gedung laboratorium terpadu terdiri dari laboratorium fisika, laboratorium biologi, laboratorium kimia, laboratorium sosial, dan satu ruang kreasi siswa.

Selain itu akan dibuat student corner berkonsep kafe yang bisa menjadi tempat alternatif untuk belajar atau berdiskusi bagi siswa.

Jadi masing-masing aspek tadi memiliki keunggulan-keunggulan yang kemudian bisa dinyatakan bahwa transformasi YP Unila sudah luar biasa. Akreditasinya A, sarana prasarananya bagus.

“Kita ingin punya visi menjadi sekolah swasta terbaik di Lampung dan sebagai sekolah umum yang menerima siswa dari beragam latar budaya dan agama, SMA YP Unila ingin menjadi rumah bagi keberagaman Lampung,” tegasnya.

  • Bagikan