Kemenkumham Lampung Komitmen Perangi Narkoba, Gelar Deklarasi Zero Narkotika

Suryasumatera– Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Lampung menyelenggarakan kegiatan Deklarasi Zero Narkotika, bertempat di Lapas Narkotika Kelas II A Bandar Lampung, Sabtu 22 Juni 2024.

Kegiatan dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Pol Budi Wibowo, Dirresnarkoba Polda Lampung AKBP Erlin Tangjaya, Jajaran Pejabat Kemenkumham Lampung, dan perwakilan pegawai dari UPT Kemekumham Se-provinsi Lampung.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Pol Budi Wibowo, Dirresnarkoba Polda Lampung AKBP Erlin Tangjaya, saat diwawancarai awak media, usai acara Deklarasi Zero Narkotika, di Lapas Kelas II A Bandar Lampung, Sabtu 22 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing menyampaikan, komitmennya memerangi dan memberantas
peredaran atau penyalahgunaan narkoba di lingkungan jajaran Kementerian Hukum dan HAM Lampung.

Ia menyampaikan, untuk deteksi dini pihaknya selalu ada penggeledahan bersama BNN melaksanakan tes urine, sosialisasi internalisasi nilai-nilai atau akibat-akibat resikonya narkoba itu, sehingga menggugah teman-teman untuk tidak lagi menggunakan narkoba.

Kita juga ada rehab bekerja sama dengan BNN di beberapa UPT bukan hanya di Lapas narkoba juga ada di lapas-lapas yang lain.

“Terkait dengan komitmen untuk petugas yang terlibat tadi ibu sudah menyatakan tegas, Sementara ini sudah langsung ya kalau ada yang terindikasi kita langsung tarik ke kanwil kita bina, periksa, ada enam orang, dan yang sudah ditindak sementara ini ada empat yang sudah diberhentikan, pada periode 2023 2024,” ujar Sorta.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Pol Budi Wibowo, dalam kesempatan yang sama menyatakan dukungannya terhadap komitmen Kemenkumham Lampung terkait dengan Lapas Bersinar (Bersih Narkoba).

“BNN khususnya provinsi Lampung sangat mendukung komitmen Kemenkumham terkait dengan Lapas bersinar atau UPT yang bersinar, karena itu juga merupakan tugas besarnya kita bersama-sama, dan banyak sekali sudah kegiatan-kegiatan yang sifatnya kolaboratif antara BNN dengan Kemenkumham,” kata Budi.

Budi menambahkan, tadi dikatakan rehabilitasi kemudian secara berkala Kemenkumham Lampung melaksanakan edukasi kemudian juga melaksanakan tes urine, bahkan menambahkan oknum tadi yang disampaikan oleh bu Kanwil itu juga melalui kami, dikirim, juga ke rehabilitasi, ada yang memang terlibat di dalam pengguna rehabilitasi, dan masih banyak kegiatan yang lainnya.

“ke depan saya yakin Kami tetap komitmen untuk mencoba menggali ide-ide kreatif program-program kegiatan yang inovatif, yang mengindikasikan kolaborasi yang baik antara aparat terkait dengan memerangi narkoba di masyarakat,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung Ade Kusmanto. Ia menyampaikan dukungannya terhadap komitmen Kemenkumham Lampung perangi narkoba.

“Kami mendukung program ini dan kami komitmen perang melawan narkoba, seluruh jajaran Lapas narkotika khususnya, pada hari ini kita bersyukur diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan deklarasi, dalam rangka mewujudkan Lapas Narkotika bersinar, dan kami himbau kepada seluruh jajaran lapas narkotika untuk melaksanakan, mengimplementasikan apa yang sudah dideklarasikan pada hari ini,” tutupnya.