Menteri Pendidikan Lantik Aom Karomani Sebagai Rektor Unila 2019-2023

42
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim melantik Prof. Dr. Karomani, M.Si. selaku Rektor Universitas Lampung (Unila) periode 2019–2023 di Gedung Kemendikbud lantai 3 Jakarta, Senin (25/11/2019). (ist).

JAKARTA — Prof. Dr. Karomani, M.Si. resmi dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim sebagai Rektor Universitas Lampung (Unila) periode 2019–2023.

Pelantikan dilaksanakan di Gedung Kemendikbud lantai 3 Jakarta, Senin (25/11/2019).

Nadiem usai mengambil sumpah janji rektor mengungkapkan, rektor di masa mendatang perlu proaktif menyikapi kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan dunia industri.

Rektor harus segera melakukan langkah-langkah kongkret dalam rangka menyederhanakan birokrasi untuk menciptakan sistem yang lebih dinamis dan profesional.

Tugas rektor sesuai Undang-Undang adalah melaksanakan tri darma perguruan tinggi dan bersiap mencetak pemimpin masa depan bangsa.

Bertepatan dengan hari guru nasional 2019, Nadiem berpesan agar rektor menginventarisasi program studi yang lulusannya tidak terserap di dunia kerja sehingga para alumni banyak yang menganggur.

“Melalui kegiatan ini saya ucapkan selamat bertugas mengemban amanah sebagai rektor masa bakti 2019–2023. Saya juga mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai dan terima kasih atas jasa-jasa Rektor Hasriadi Mat Akin sebelumnya,” ujarnya.

Usai dilantik Prof. Karomani saat diwawancarai mengatakan, akan membangun solidaritas dan sinergisitas di Universitas Lampung.

Sesuai instruksi Mendikbud, Karomani akan membenahi penerapan kurikulum sesuai tuntutan masa depan yakni penguatan sumber daya manusia dan penelitian yang tidak dapat dipisahkan dengan kemajuan universitas.

“Dosen-dosen yang masih S2 wajib hukumnya untuk melanjutkan studi ke S3. Selanjutnya dosen-dosen S3 pun akan dioptimalkan untuk segera profesor. Kita bantu dan beri penguatan. Bila hal itu tidak dilakukan kita akan ketinggalan,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama Mendikbud Nadiem Makarim juga melantik dan mengambil sumpah jabatan Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri S.H,M.H., dan Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Marthinus Johanes Saptenno S.H., M.Hum.

Komentar
BACA JUGA:  PLN Bangun Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi di Pesawaran