SMA Xaverius Bandarlampung Bersama Tagana Gelar Simulasi Bencana

86

BANDARLAMPUNG — Guna memberikan pengetahuan dan pelatihan kesiapsiagaan bencana kepada para siswa-siswinya, SMA Xaverius bandar Lampung bersama Tagana provinsi Lampung menggelar kegiatan simulasi bencana yang diadakan di gedung SMA Xaverius bandar Lampung, Kamis 20 Februari 2020.

Kepala sekolah SMA Xaverius bandar Lampung Joko Winarno dalam kesempatan itu mengatakan digelarnya kegiatan simulasi bencana alam ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi tentang bagaimana yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami sengaja mengundang mereka (Tagana) untuk menyiapkan siswa-siswi kami agar sadar dan siap siaga terhadap bencana sejak dini,” kata F Joko.

F Joko berharap siswa-siswi SMA Xaverius Bandarlampung memiliki pengetahuan tentang bencana, potensi dan upaya pengurangan risiko bencana pada tingkatan yang paling sederhana sehingga mereka mampu menyelamatkan diri sendiri dan evakuasi sederhana bila terjadi bencana.

“Kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran terhadap ancaman bencana. Jadi jika ada bencana sewaktu-waktu, siswa-siswi kami sudah siap menyelamatkan diri sendiri dan evakuasi sederhana bila terjadi bencana,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Dinas Sosial Provinsi Lampung, Feriyus Gunadi mengatakan materi yang diberikan berupa materi dasar upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Logistik dan Shelter.

“Para pelajar harus siap dalam menghadapi bencana. Pasalnya Lampung termasuk daerah yang rawan terhadap gempa, rawan banjir, rawan longsor, ada daerah juga yang rawan terhadap tsunami, dan bencana-bencana yang lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, dengan pengetahuan mitigasi bencana yang diberikan pada pelajar SMA Xaverius Bandarlampung diharapkan dapat membangun masyarakat tanggap bencana.

“Tidak ada yang tahu kapan bencana datang, namun dengan pengetahuan mitigasi bencana diharapkan dapat membangun masyarakat tanggap bencana. Salah satu edukasinya melalui Tagana Masuk Sekolah di SMA Xaverius Bandarlampung ini,” katanya.(ih)

Komentar