Tagana Lampung Serahkan 249 Paket Bantuan Untuk Korban Gempa & Tsunami

296

BANDARLAMPUNG — Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni, menyerahkan 249 paket bantuan sandang layak pakai dari masyarakat, yang dihimpum oleh Taruna Siaga Bancana (TAGANA) Lampung, kepada Ketua Umum Gema Nusantara Lampung, Bambang Carito, di Mako Tagana Lampung, Jumat (12/10).

Marju, sapaan akrab kadis sosial, dalam kesempatan itu mengatakan, pengumpulan bantuan dimulai sejak 4 -13 Oktober 2018, dilakukan oleh Relawan Sosial seperti TAGANA, PSM, TKSK, SDM-PKH, dan pekerja sosial lainnya, yang secara serentak melakukan penggalangan bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak bencana alam di Provinsi Sulawesi Tengah.

Berbagai cara pengumpulan sumbangan baik berupa uang maupun pakaian layak pakai, namun tidak melanggar aturan yang berlaku.

Pengumpulan Sumbangan diatur dengan UU No.9/1961 tentang Pengumpulan Uang dan Barang serta Peraturan Pemerintah No.29/1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan dan Keputusan Menteri Sosial Nomor 01/HUK/1995 tentang Pengumpulan Sumbangan untuk Korban Bencana.

Pakaian layak yang terkumpul sampai dengan 12 Oktober 2018 sebanyak 249 paket. Pakaian tersebut merupakan sumbangan dari SDN I Teluk Pandan, SDN I Rawa Laut, BKKS Tanggamus, Mahad Al Furqon, Rapi Bandar Lampung dan masyarakat yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Barang-barang tersebut diserahkan langsung kepada Bambang Carito selaku Ketua Gema Nusantara Lampung untuk disampaikan kepada korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulteng.

“Tolong amanah masyarakat Lampung ini dapat disampaiakan kepada Saudara kita korban bencana di Palu, Donggala atau Sigi” pesannya.

Sementara itu, Ketua Umum Gema Nusantara Provinsi Lampung, Bambang Carito berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinas Sosial Provinsi Lampung.

“Insya Allah akan sampai ditangan yang berhak menerimanya” kata Bambang.

Bambang menerangkan, Nusantara Lampung merupakan organisasi sosial yang salah satunya dibidang penanganan korban bencana alam maupun bencana sosial.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Maria Tamtina mengatakan, SDM PKH dapat mengumpulkan donasi sebanyak 133 juta lebih dan akan digabungkan dengan donasi yang dikumpulkan oleh relawan sosial lainnya.

Apabila Bapak Gubernur berkenan, Pemprov Lampung melalui Dinas Sosial akan mengirimkan Tagana bidang dapur umum dan layanan psykososial ke Palu sebanyak 15 orang untuk menggantikan Tagana dari Provinsi lain yang akan ditarik.

Pengiriman Tim Tagana via udara tersebut direncanakan pada minggu terakhir bulan Oktober 2018. Pungkasnya. (*)

Komentar