Wali Kota Bersama Forkopimda Kota Bandar Lampung Hadiri Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Bandarlampung— Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, menghadiri apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana bersama Forkopimda Kota Bandar Lampung di Lapangan Korem/043 Garuda Hitam pada Rabu, (19/10/2022).

“Ini semua personil dari Forkopimda Bandar Lampung, TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, RT, Babinsa dan Babhinkamtibmas sudah siaga kalau terjadi bencana, dan ini sudah kita lakukan, mudah-mudah atas apel yang dilakukan pada hari ini, kami bisa mengantisipasi kalau terjadi bencana di Kota Bandar Lampung,” ujar Eva Dwiana usai menjadi pembina Apel Siaga.

Eva Dwiana menegaskan, bahwa seluruh personel harus senantiasa sigap dan cepat tanggap dalam menanggulangi bencana yang ada di Kota Bandar Lampung.

“Kemarin kita juga sudah ngobrol bersama Forkopimda Bandar Lampung, TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, RT, Babinsa dan Babinkamtibmas. Ini sudah kita libatkan semua personel, apalagi Forkopimda selalu siap siaga melakukan tindakan langsung dalam penanggulangan bencana untuk masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya, Forkopimda Kota Bandar Lampung dan aparat yang tergabung dalam personel penanggulangan bencana di Kota Bandar Lampung juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana banjir.

“Kita memberikan solusi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, kalau ada situasi darurat RT, atau Kaling harus menggedor rumah-rumah warga kita harus memberikan informasi, mereka juga harus tanggap, apalagi kita semua sekarang sudah dibantu semua aparat dari Forkopimda,” jelasnya.

Selain itu, untuk daerah pesisir, Eva Dwiana menerangkan, bahwa personel yang bersiaga sudah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penanggulangan bencana yang rawan terjadi.

“Kita sudah kerjasama dengan TNI dan kita sudah menghimbau masyarakat terutama untuk daerah pesisir kalau ada terjadi apa-apa, situasinya darurat, cepat kasih informasi kepada kami situasi jalan mana yang akan kita datangi untuk daerah yang sulit kita datangi. Dan ini sudah kita himbau berkali-kali dan semuanya saat ini sudah berjalan. Untuk sementara ini kita siagakan personel di kelurahan atau kecamatan dari aparat TNI dan Polisi sudah bergabung bersama kita. Selanjutnya bunda berharap BMKG juga bersama kita karena Kota Bandar Lampung adalah estalase kalau Kota Bandar Lampung aman, insya allah semuanya nyaman,” terangnya.

kesiapsiagaan penanggulangan bencana tersebut yang terdiri dari personel Kodim Kota Bandar Lampung, Polresta Bandar Lampung, Lanal Lampung, Brimob Polda, Pol PP Kota Bandar Lampung, BPBD Kota Bandar Lampung, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandar Lampung, Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, Dinas PUBM Kota Bandar Lampung, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung, Basarnas Lampung, BMKG Lampung, Kecamatan, Kelurahan, Babisa, Babinkamtibmas, Linmas, dan RT.