Drs. Hi. Hasbie Aska: Jangan Pernah Menyerah Ketika Kita Gagal

884

WAYKANAN — “Jangan Pernah Menyerah Ketika Kita Gagal. Tapi jadikanlah kegagalan itu menjadi kesuksesan yang tertunda”.

Kalimat motivasi itu diberikan oleh Drs. Hi. Hasbie Aska, untuk para generasi muda yang kini tengah berjuang menggapai cita-citanya.

Prinsip hidup itu juga yang selalu dipegang teguh oleh pria kelahiran Blambangan Umpu tahun 1965 tersebut, hingga mendapatkan karir pekerjaan yang bisa dikatakan cukup sukses.

Putera bungsu dari tujuh bersaudara, buah hati pasangan ayah Hi. Nuddin dan Ibu Hj. Meddina, menamatkan sekolah dasarnya di SDN 1 Blambangan Umpu tahun, 1978, dilanjutkan ke SMPN 1 Blambangan Umpu tahun 1981, SMAN 1 kotabumi 1984, dan Masuk ke Perguruan Tinggi Universitas Bandar Lampung (UBL) tahun 1988 fakultas Administrasi Negara.

Ayah dari tiga orang anak ini, waktu kecil bercita cita menjadi seorang ustadz, usai lulus kuliah, ia diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), tepatnya pada tahun 1989, dengan posisi di Bagian Pembangunan Kodya Bandarlampung, kemudian pernah menjabat Kabag keuangan Pemda Tanggamus tahun 1996, Kabid PHSIK Bapeda Pemda Tanggamus tahun 2000.

Selanjutnya, ayah dari tiga anak ini juga pernah menjabat Sekretaris Dinas Koprasi kab. Tanggamus tahun 2002, Kabag Pembangunan Pemda Tanggamu 2003, Sekretaris Perhub Pemda Waykanan 2003
Sekretaris PU Pertamb. Pemda Way kanan 2004, Sekretars Dinas P dan P Prov Lampung 2006, Ketua Bapeda Pemda Kab Pesisir Barat tahun 2014, Kadis Kesbangpol Pemda Pesisir Barat pada tahun 2014, Kadis PU Pertambangan Pesiair barat tahun 2015, Kadis Pertambangan Lampung Timur tahun 2017 Kadis Kominfo Lamtim tahun 2018, dan Analisa jabatan Pemda Prov. Lampung tahun 2019 hingga sekarang.

Drs. Hi. Hasbie Aska

“Bisa sukses apa resepnya? Tidak pernah menyerah dalam segala hal” jawab Hasbie (sapaan akrabnya) saat diwawancarai suryasumatera.com beberapa hari lalu.

BACA JUGA:  Peringati Dirgahayu Republik Indonesia Ke – 74, Kapolres Way Kanan Tabur Bunga di TMP Baradatu

Kesibukan sebagai pejabat, menurutnya harus bisa membagi waktu, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, untuk pekerjaan maupun keluarga.

“Selalu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Filosofinya, sesuatu yang jauh dan tidak mungkin kita raih lagi adalah hari kemarin. Sedangkan waktu yang paling dekat adalah kematian. Berusalah hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini” kata Hasbie.

Ia pun berpesan untuk anak muda agar bisa sukses dalam mencapai karir yang diinginkannya.

“Jangan pernah menyerah ketika kita gagal. Tapi jadikanlah kegagalan itu menjadi kesuksesan yang tertunda.
Kebutuhan kita didunia sudah dijamin cukup oleh Allah SWT, Seperti yang tertulis di kitab suci Alquran, Dalam surat Surat al-Insyirah, Allah SWT memotivasi moral dan perjuangan Nabi Muhammad SAW selaku manusia sempurna. Artinya:
1). Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?
2). Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu
3). Yang memberatkan punggungmu ?
4). Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,
5). Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
6). Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
7). Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
8). Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap” pungkasnya.

“Dunia ini adalah permainan, addunnia matta’un. Siapa yang sabar. Ikhlas dan jujur serta tawakkal dia akan meraih kemenangan. Tapi ingat melakoni permainan dunia tadi harus affala taqkillun.. pakai akal dan pikiran yang sudah diberi fasilitas oleh Allah SWT. Jangan pakai lidah” tutupnya.(Yuswantoro/ss).

Komentar