Eko Prasetyo Bangga Umpu Kencana Jadi Kampung Literasi

259

WAYKANAN — Sang pejuang sekaligus tokoh literasi Kabupaten Way Kanan, Eko Prasetyo bangga atas di canang kannya Kampung Umpu Kencana yang merupakan tanah kelahirannya, Sebagai Kampung Literasi.

Hal itu diungkapkannya dalam wawancara di rumah kediamannya, di kampung Umpu Kencana, minggu (26/10 /2019).

Menurutnya, dengan dicanangkan nya kampung Umpu Kencana sebagai Kampung Literasi, adalah wujud keseriusan pemerintah daerah, yang turut serta mendukung gerakan literasi yang selama ini dilakukan oleh masyarakat secara personal maupun kelompok.

“Semoga tidak hanya sebatas pada pencanangan saja, tapi juga harus didukung dengan kebijakan program-program yang secara spesifik, mendukung gerakan literasi” uangkapnya.

Perlu diketahui, sejak tahun 2010 ia mulai merintis membuat perpustakaan, untuk dibaca oleh anak-anak sekitar.

Semakin lama permintaan terhadap buku bacaan oleh anak-anak semakin meningkat, maka itu Eko berupaya membuat Perpustakaan yang lebih baik lagi.

Tidak hanya di kampungnya saja, ia juga berkeliling ke desa-desa, kecamatan-kecamatan dan daerah lainnya, membawa buku agar dibaca oleh anak-anak Way Kanan.

Sementara itu, di tempat terpisah Kadis perpustakaan Juanda menuturkan, dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat, maka perlunya pencanangan kampung literasi.

“Kriteria kampung literasi adalah yang sudah lengkap fasilitas pendidikan nya. Dan ada penggerak literasi di kampung tersebut, contohnya seperti mas Eko Prasetyo, tokoh literasi Way Kanan”jelasnya. (ryuz)

Komentar