Kadis Koperasi dan UKM Lampung Dr. Agus Nompitu, Ingatkan Koperasi Laksanakan RAT

191
Kepala Dinas koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu, S.E., MTP,
Kepala Dinas koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu, S.E., MTP,

BANDARLAMPUNG — Kepala Dinas koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (UKM) Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu, S.E., MTP, mengingatkan kepada para pengurus Koperasi di Lampung yang belum melaksanakan Rapat Anggota Tahunan(RAT), diharapkan pada tahun ini agar segera dilaksanakan.

Hal itu diungkapkannya saat memimpin Forum Group Discussion (FGD), yang diselenggarakan di Kantor Dinas Koperas dan UKM Provinsi Lampung, Jalan Cut Mutia, Bandarlampung, Selasa (14/1/2020).

“Saat ini baru terdapat sekitar 30 persen yang sudah melaksanakan RAT, dan diharapkan 70 persen lagi dari koperasi yang aktif untuk dapat segera melaksanakan RAT”, ujarnya.

Dr. Agus menambahkan, diharapkan minimal 50 persen koperasi di Lampung pada tahun ini RAT bisa segera dilaksanakan, untuk mendukung program pemerintah Provinsi Lampung menuju provinsi koperasi.

Perlu diketahui, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Kantor Dinas setempat, Selasa (14/1/2020).

Kepala Dinas koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu, S.E., MTP, saat ditemui dilokasi kegiatan mengatakan, pada kesempatan diawal tahun ini, diadakan diskusi bersama tokoh-tokoh penggerak koperasi dan UMKM, untuk membahas pelaksanaaan program kegiatan ditahun 2020, dan kesinambungannya, khusus untuk mengembangkan koperasi dan UMKM di Provinsi Lampung.

Harapannya ialah, untuk mendapatkan masukan-masukan, salah satunya dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang menangani koperasi, dan Hipmikindo yang menangani UKM.

Tujuannya ialah agar kita dapat memetakan bagaimana kondisi koperasi dan UMKM yang ada di Provinsi Lampung.

Dengan kemampuan kita memetakan itu, kita akan melihat bagaimana potensi, kekuatan, kelemahan, tantangan, dan kendala yang dihadapi oleh koperasi-koperasi maupun UMKM kita.

Oleh sebab itu, dari berbagai masukan, kita bisa mengambil suatu hal-hal yang penting diantaranya ialah peningkatan kapasitas kemampuan Sumber Daya Manusia(SDM).

Disamping kualitas SDM, tentu kita juga harus membangun akses kepada pasar dari produk barang dan jasa kita termasuk juga persoalan-persoalan pembiayaan, kemitraan, yang tadi berkembang dalam diskusi ini.

Nantinya akan dirumuskan bekerja sama dengan Dinas Koperasi Kabupaten Kota pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sektor koperasi 2020 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan ini juga terpapar dalam data, masih banyak sekali koperasi yang belum melaksanakan rapat anggota tahunan, dengan demikian maka menjadi tugas bagi kami selaku pembina koperasi bersama mitra dari Dekopin, asosiasi-asosiasi, puskop, dan lainnya untuk turun menghimbau kepada koperasi-koperasi yang ada di Provinsi Lampung untuk tahun buku ini melaksanakan RAT.

RAT atau singkatan dari Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggunjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan.(ih).

Komentar