Pemkab Way Kanan MoU Tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan Komisi Informasi Lampung 

289

WAYKANAN — Pemerintah Kabupaten Waykanan MoU Tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan Komisi Informasi Lampung, sekaligus sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, penandatanganan dilaksanakan di
Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan, Rabu 16 Oktober 2019.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya pada kesempatan tersebut memberikan sambutan memakai pengantar pidato menggunakan bahasa Lampung Way Kanan.

Menurutnya itu sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor: 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.

Mengawali sambutan ini atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan Selamat Datang kepada Ketua Komisi Informasi Provinsi Lampung, Bapak Dery Hendryan, S.IP., S.H., M.H, dan saya mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Provinsi Lampung yang telah bersedia menadatandangani Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan Tentang Keterbukaan Informasi Publik Sekaligus mensosialisasikan Keterbukaan Informasi Publik Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah menerbitkan Peraturan Bupati Way Kanan Nomor  38 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Layanan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan serta Keputusan Bupati Way Kanan Nomor: B.109/IV.16-WK/HK/2017 Tentang Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu  Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Dari kegiatan kita pada hari ini menjadi moment penting akan mendorong terwujudnya implementasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Bupati Way Kanan Nomor  38 Tahun 2017  secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi, serta pelayanan Informasi Publik di lingkungan Organisasi atau Lembaga Publik untuk menghasilkan layanan Informasi yang berkualitas dapat terus meningkat.

Keterbukaan Informasi merupakan salah satu misi kita, yaitu menjalankan amanat rakyat dengan mengedepankan Keterbukaan Informasi dan  transparansi dalam berbagai bidang, termasuk capaian maupun kekurangan pembangunan  yang wajib  diketahui masyarakat luas.

Terlebih era globalisasi keterbukaan informasi fublik tidak dapat kita bendung, tidak ada lagi ruang dan sekat yang membatasi akses masyarakat untuk memperoleh informasi.

Oleh karena itu, badan publik baik ditingkat pusat maupun di daerah sudah saatnya membuka diri untuk dapat mempublikasikan informasi terkait dengan perumusan kebijakan, program dan kegiatan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan.

Demikian juga informasi yang disampaikan masyarakat menjadi masukan bagi badan publik dalam proses perumusan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat, sehingga tercipta komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat.

Dari pelaksanaan kegiatan Keterbukaan Informasi Publik dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, kita meraih Peringkat V tahun 2017 dan peringkat III Tahun 2018 pada kegiatan pemeringkatan anugrah keterbukaan informasi publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Lampung.

Paling tidak kita sudah mendapat pengakuan dari Komisi Informasi Provinsi Lampung bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah melaksanakan keterbukaan informasi publik sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang.

Sementara itu, Kadis Kominfo, Achmad Gantha, dalam kesempatan itu mengatakan, akan selalu ingat arahan Bapak Bupati  ketika  itu dimana tempat bahwa  konsistensi Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan dalam melakukan pembinaan  dan penyebarluasan informasi pada masyarakat tujuannya agar terus menghasilkan inovasi dan perbaikan untuk pelayanan yang lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Way Kanan.

Upaya untuk mengawali dan memperkuat pembangunan  sekabupaten Way Kanan, juga dikampung atau Desa, maka akan dibuat program transparansi tata kelola  pemerintahan kampung  dengan membentuk PPID  seluruh kampung sekabupaten Way Kanan.

Menghadirkan pemerintahan yang terbuka ( Transparan ), bersih dan melayani  menjadi salah satu misi pemerintah Kabupaten Way Kanan Dibawah Kepemimpinan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M.

Hak memperoleh informasi merupakan hak masyarakat dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan yang  baik dan transparan, sehingga terwujud, e Government,  Good dan  Clean Government., Dalam upaya mengimplementaskan Peraturan Bupati Way Kanan Nomor  38 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Layanan Informasi Publik Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Keputusan Bupati Way Kanan Nomor B.109/IV.16-WK/HK/2017 Tentang penetapan pejabat pengelola  informasi dan dokumentasi  dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, pada hari ini Kabupaten Way Kanan tentang keterbukaan informasi publik (KIP) dalam pembangunan daerah akan dilaksanakannya penandatanganan MoU atau Nota kesepahaman Anatara Bapak Bupati Way Kanan atas Nama Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan Bersama Komisi Informasi Provinsi Lampung agar kita selaku abdi masyarakat selalu senantiasa menyebarkan informasi-informasi terkait pembangunan diwiayah Kabupaten Way Kanan baik melalui website maupun media sosial lainnya.(*)

Komentar