Tim STBM Aktif Turun Desa, Masih Ada Oknum Guru PNS Sertifikasi Tidak Punya Jamban Sehat

20

PRINGSEWU – Tim STBM ( Sanitasi Berbasis Masyarakat ) Kecamatan Pagelaran yang terdiri dari Bidan desa, petugas Kesling Puskesmas, Babinsa, Satpol pp, aktif turun kelapangan hasilnya masih banyak masyrakat yang tidak punya jamban sehat, kamis 12/09/19 siang.

Dari sejumlah data dari Pekon se Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu mirisnya masih banyak ditemukanya masyarakat belum sadar akan kesehatan lingkungan.
Fakta menarik didapat informasi dari petugas kesling Puskesmas Pagelaran di Pekon Candiretno terdapat ada oknum yang berstatus seorang Guru PNS sertitifikasi yang jambanya tidak ada safety tank, melainkan pembuangan limbah BAB dialirkan ke
kolam ikan belakang rumahnya.

Saat dikonfirmasi langsung oleh awak media pria yang berstatus pegawai negri sipil sekira usia 40 tahun yang berinisal SB ini berdalih bahwa dikompleknya umumnya rata-rata wc nya masih dialirkan kekolam.

” kalau dikomplek sini pak rata-rata gak punya safety thank, ya safetythanknya itu biasanya langsung masuk kekolam karna banyak yang punya kolam” dalihnya.

Sementara itu sekretris dinas pendidikan saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp (WA), Rustiyan M.Pd mengatakan ” kami akan mencari data dengan yang membidangi dan kami akan koordinasi dengan pihak terkait”, tegasnya.

Berkaitan dengan telah di deklarasikannya Pringsewu 100% ODF hampir satu tahun yang lalu, seharusnya masyarkat sudah sadar dan menjaga predikat tersebut bahwa Kabupatenya menjadi percontohan.

Menyadari efek dari kondisi lingkungan tidak sehat pasti berdampak dengan adanya berbagai penyakit dan kepada balita menjadi sebab pertumbuhan kurang maksimal/orang menjadi kerdil atau yang disebut (stunting), bukankah ini program pemerintah melalui dinas terkait(Samuel)

Komentar
BACA JUGA:  Gadis Remaja 13 Tahun asal Lampung Tengah Dilaporkan Hilang di Tangerang, Ini Ciri-Cirinya