Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman Isi Kuliah Shubuh dan Zhuhur di Masjid Agung Taqwa, Hari ketiga Ramadan

# Dilihat: 41 pengunjung
  • Bagikan

KOTAMETRO — Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, memberikan kuliah subuh dan kuliah zuhur pada hari ketiga ramadan tahun 2021. Kuliah subuh dan kuliah zuhur ini diberikan dihadapan jemaah usai salat di Masjid Agung Taqwa Kota Metro, Jumat 15 April 2021.

Pada salat subuhnya, Qomaru mengangkat tema tentang kesombongan. Menurut Qomaru dalam kuliah subuh, manusia tidak ada apa-apanya di hadapan Allah SWT. “Jangan pernah sombong, Allah SWT tidak suka,” kata Qomaru Zaman.

Dalam salat zuhur, Qomaru mengangkat tema tentang Surat Al Qosos ayat 77. Surat tersebut menurutnya mempunyai makna yang sangat panjang dan dalam bila diterjemahkan. “Surat tersebut memang pendek tapi maknanya luar biasa, kalau didiskusikan mungkin tiga semester. Hari ini alhamdulillah kita bisa berjemaah sholat zuhur,” katanya.

Surat tersebut, menurutnya juga membuat kita untuk lebih introspeksi diri lagi. “Jika kita lihat diri kita kita harus lebih introspeksi diri lagi, ada banyak orang cerita kebaikan-kebaikan, ahsan-ahsan, banyak orang cerita tentang akhirat tetapi lupa dunianya. Sebaliknya banyak yang cerita tentang dunia, tetapi lupa akhiratnya,” katanya.

Menurut Qomaru, kalau bicara masalah kebaikan, banyak sekali yang bisa kita lakukan, salah satu yang sering kita lalai adalah, kita tidak hobi berjemaah, tidak menjadi terkunci di dalam dirinya, padahal berjemaah di masjid itu paling utama.

“Bapak ibu yang saya hormati, mudah-mudahan kalau salah dikoreksi, saya tidak pernah membawa sepeserpun uang di diri saya, karena saya takut ada sesuatu yang haram menempel pada diri saya, kalau saya meninggal maka akan ditolak. Surat Al Qosos ayat 77 ini memiliki banyak dimensi, membuat diri kita lebih berhati-hati lagi di dalam segala hal,” katanya. (*)

  • Bagikan